March 5, 2013

Mirai Nikki ANOTHER:World Review

Format: Renzoku
Genre: Drama, science-fiction, mystery, romance
Episodes: 11
Broadcast network: Fuji TV
Broadcast period: 2012-Apr-21 to 2012-Jun-30
Air time: Saturday 23:10-23:55
Theme song: Another World by Kou Shibasaki
Official Site: http://www.fujitv.co.jp/mirai-nikki/index.html

Mirai Nikki Another:World adalah dorama yang diadaptasi dari manga dan anime berjudul sama yang dibuat oleh Sakae Esuno, dengan sistem yang (hampir) sama dan karakter yang berbeda, meski beberapa masih bisa disamakan sama aslinya. Berbeda dari Mirai Nikki yang asli, ANOTHER:World karakternya udah pada kuliah. Mungkin karena ga mungkin nunjukkin anak SMP yang main bunuh-bunuhan (anime mah fak logic ya).

Dorama ini bercerita tentang 7 orang pemilik HP Chronos Seed dan “Mirai Nikki” harus saling membunuh hingga hanya tersisa satu orang agar bisa bebas dan memiliki masa depan sesuai keinginannya.

Awalnya aku gada niat nonton dorama ini, meski ada Kanata nya. Males download dan dorama biasanya gede filenya karena durasinya juga kayak sinetron di Indonesia. Tapi setelah seorang temen ngasih link ke IDWS, yang juga nyediain PaHe yang sekitaran 100MB. Akhirya nonton deh.

Story

Rangkuman dari episode pertamanya.

Akhir-akhir ini terjadi pembunuhan menggunakan penghancur es yang semua korbannya menggunakan HP yang saat itu sedang populer, Chronus Seed.

Arata Hoshino adalah seorang mahasiswa yang tidak peduli akan masa depannya. Suatu hari temannya Ouji Kosaka merusakkan HP-nya dan secara ajaib sang sahabat Rui Moriguchi memberikan dia HP Chronus Seed yang katanya udah gak dipake #HORANGKAYAH.

Ada satu aplikasi di HP baru Arata yang namanya ‘Nikki’ (diari) dan begitu dibuka Arata langsung muncul flash, yang ternyata memotret dirinya. Nama aplikasi itu kemudian berubah dari Nikki jadi Mirai Nikki (diari masa depan) dan ngasih info random di sekitar Arata dan tentu saja jadi useful seperti membuatnya menang lotere dan dapet jawaban buat tes yang akan datang.

Dia lalu ketemu cewe aneh berambut pendek yang selalu megang bola bekel, Yuno Furusaki yang bilang kalau masa depan Arata adalah miliknya. Cewek itu selalu ngikutin Arata sampai ketika dia udah muak dan ‘ngusir’ Yuno, dia dapet tulisan ‘DEAD END’ di aplikasi Mirai Nikki-nya.

Ketika berniat menemui Rui di planetarium (sebelumnya dijelasin di Mirai Nikki-nya), ia tiba-tiba dikejar oleh seorang yang membawa penghancur es yang akan membunuhnya (yang juga tertulis di Nikki-nya). Kemudian datang Yuno yang membantunya dan setelah banyak hal yang terjadi, ia bertemu Rui yang langsung pergi ke atas, menyelamatkan adiknya yang ternyata diculik, Haruna Okie.

Saat itulah muncul sebuah hologram di atas mereka yang mengaku sebagai Deus (Tuhan) yang berkata bahwa mereka (para pemilik HP Chronus Seed ber-Mirai Nikki) sudah tidak punya masa depan. Satu-satunya jalan untuk mengembalikan masa depan adalah dengan membunuh pemilik Mirai Nikki lainnya dan menjadi satu-satunya survivor.

System

  • Tulisan di Mirai Nikki bisa berubah, which means, masa depan bisa dirubah.
  • Jika muncul “DEAD END” di HP-nya, pemilik Mirai Nikki harus membunuh pemilik Mirai Nikki lain agar status dead endnya menghilang. Belum jelas apa yang terjadi jika Dead End dibiarkan tanpa membunuh atau terbunuh (kalau mau tau, baca spoiler di bawah).
  • Pemilik Mirai Nikki dianggap terbunuh dan menghilang jika HP-nya hancur.

Characters

Arata Hoshino (21): Adalah tokoh utama berdasarkan Yukiteru Amano. Tinggal di keluarga yang harmonis bersama seorang ayah dan ibu sampai dia mendapatkan HP Chronus Seed dan Mirai Nikki-nya. Ia tidak pernah mau membunuh pemilik Mirai Nikki lainnya dan berusaha mencari jalan agar semua orang selamat. Diarinya adalah diari random yang menjelaskan hal-hal di sekitarnya yang akan terjadi.
Cast: Masaki Okada
Yuno Furusaki (19): Tokoh utama berdasarkan Yuno Gasai. Gadis yang misterius. Begitu bertemu Arata langsung mengklaim bahwa masa depan Arata adalah miliknya. Ia selalu membawa bola bekel yang katanya pemberian Arata. Sama seperti Yuno Gasai yang punya diari Yukki, diarinya adalah “diari Akkun”, yang memberitahu tentang keseharian Arata, bedanya punya Yuno Furusaki lebih berguna karena waktu interval diarinya lebih cepat dari milik Yuno Gasai. Orang tuanya sudah meninggal, sehingga ia tinggal sendirian di rumahnya.
Cast: Ayame Gouriki
Rui Moriguchi (21): Ia adalah salah satu tokoh utama berdasarkan Aru Akise. Karena hanya berdasarkan, jadi tidak akan ada adegan ciuman (kalo terjadi burn Okada burn!) antara si Aru dan si Yuki. Sahabat Arata, orang yang memberikan Arata dan ketiga orang lainnya HP Chronus Seed agar bisa menyelamatkan adiknya, Haruna yang waktu itu diculik. Sangat merasa bersalah atas apa yang terjadi sehingga ia memutuskan untuk membantu Arata.
Cast: suami saya Kanata Hongo
Haruna Okie (19): Karakter yang paling saya gak suka selain karena sikapnya, juga karena dia adalah adik Rui (sebenernya itu alasan utama). Adik Rui yang tinggal terpisah setelah orang tua mereka bercerai.
Cast: Mayuko Fukuda
Kinjiro Hagito (33): Seorang polisi detektif, salah satu yang diberikan HP Chronus Seed oleh Rui. Ia juga menyelidiki mengenai Mirai Nikki dan tidak berpikiran untuk mengkhianati Arata maupun Rui. Sepupu Rui. Kalau lagi berdua saja Rui manggil dia “Kin-niichan”. Ia sering menjenguk seorang cewek berperban di kepala di rumah sakit. Sepertinya dia karakter berdasarkan Kurusu Keigo.
Cast: Yoshinori Okada
Tohru Kibe (55): Presiden dari perusahaan Chronus Seed. Disinyalir sebagai “Deus” oleh Kinjiro. Senyumnya mencurigakan dan kalau boleh keluar topik, gue familiar sama wajahnya, padahal jarang nonton dorama. Sepertinya dia karakter berdasarkan John Balks.
Cast: Shiro Sano
Ouji Kosaka (19): Berbeda dari Ouji Kosaka di Mirai Nikki yang asli, Ouji disini adalah seorang anak aneh yang nempel berat sama Arata dan Rui. Di balik itu semua dia setia kawan meski kadang acuhkan oleh mereka berdua. Dan dia, adalah orang yang menghancurkan HP Arata. Dia tidak pernah terlibat dengan permainan Deus.
Cast: Fuma Kikuchi
Kurou Hoshino (48): Ayahnya Arata-lah yang mendesain HP Chronus Seed. Sebelum meninggal beliau menceraikan istrinya karena sebuah alasan. Guess what, dia juga memiliki Mirai Nikki.
Cast: Ken Mitsuishi
Megumi Fuwa (17): Gadis SMA ini adalah mantan murid tutornya Rui. Salah satu pemilik HP Chronus Seed, diberi oleh Rui. Dulunya ikut klub memanah sampai ia menolong salah satu teman sekelasnya yang dibully.
Cast: Fumi Nikaido
Rinko Uehara (27): Cewek dengan perban di kepalanya yang dirawat di rumah sakit dan hampir setiap hari dijenguk Kinjiro.
Cast: Yuri Nakamura
Yosuke Okuda (24): Orang yang berusaha membunuh Arata. Pemilik Mirai Nikki. Juga pembunuh beralat penghancur es yang selama ini membunuh para pemilik HP Chronus Seed.
Cast: Yuta Hiraoka
Deus: Orang yang menciptakan permainan Mirai Nikki. Deus berasal dari bahasa Latin yang berarti “Tuhan”. Ia muncul melalui hologram dan berbicara dengan suara samaran.

Staff

Original creator: Sakae Esuno
Narrator: Akira Ishida (dat Aru Akise's voice actor...)
Screenwriters: Sayaka Kuwamura, Kaeko Hayafune
Producer: Ryota Fujino
Directors: Michiko Namiki, Shogo Miyaki
Music: Shuichiro Fukuhiro

Impression

Waktu nulis review ini pertama kali, aku belum pernah nonton anime atau baca Mirai Nikki (sekarang sih udah) selain karena katanya banyak guronya (aku kan anak baik) juga karena aku ga suka cowok macam Yukiteru. Jadi pas nonton ini aku ga tau apa-apa soal sistem Mirai Nikki. Sampai episode 5 aku masih mikirnya biasa aja tapi yah seru, pas episode 6 semua berubah jadi… twist! Membingungkan! Seru! Jadi banyak pertanyaan deh.

Masaki Okada pertama kali nonton dari J-Movie “I Give My First Love to You” yang awalnya cukup manis, di tengah-tengah… speechless (tonton sendiri gera ._.), dan di akhir, sedih. Uuh. Senyumnya Okada manis gimanaa gitu ih cintaku tetap pada Kanata hehe hehe walaupun dia karakter utama ketiga, tapi kemunculannya ga sering juga sih.

Pemain yang lain aku belum pernah tau sih sebelumnya. Huahaha.wav

Yah... I'm not good at writing a review but spoilers ._.

Tapi karena semuanya berdasarkan material asli, banyak juga hal-hal yang dimiripin, sih. Jadi kalau udah nonton anime/ baca manganya pasti udah ada prediksi, kalo udah ngerti karakter mana berdasarkan karakter mana.

Download

Spoiler

Serius, banyak spoiler. Kalau mau menonton doramanya dengan damai langsung tutup tab / window ini begitu membaca tulisan merah.

Ini tulisan merah. Nah. Tutup sekarang.

Oh mau lanjutin? Yo wes.
  • Rui HP-nya semacam iPhone #pentinggila. Dia bukan pemilik Mirai Nikki. Dan personally, aku kaget karena dia bukan pemilik Mirai Nikki. Sampai episode 5 aku kira dia pemilik Mirai Nikki. BTW, aku juga kaget pas nonton animenya dan tau kalau Aru bukan pemilik Mirai Nikki \(o_o)/
Episode 5 “The Truth is Revealed”

  • Meski presiden Chronus Seed, Tohru juga adalah salah satu pemilik Mirai Nikki.
  • Pemilik Mirai Nikki yang sesungguhnya hanya 7 orang seperti yang dikatakan Deus di awal kemunculannya (Arata, Yuno, Kinjiro, Yosuke, Megumi, Tohru, Haruna). Sisanya adalah copy yang dibuat Tohru.
  • Haruna adalah pemilik Mirai Nikki. Diarinya adalah diari novel, mungkin karena dia pingin jadi penulis novel. Sesaat setelah ketahuan tentang HP-nya, dia bilang kalau diarinya selama ini menulis kebohongan kecuali tentang Arata dan Rinko.
Episode 6 “The Final DEAD END”

  • Ketika tengah mencari Arata, Rui sempat mencarinya di rumah Yuno dan mendengar suara berisik yang selama ini ditutup-tutupi Yuno. Sebelum ia bisa melihat isi ruangan tersebut, Arata meneleponnya.
  • Asami, salah satu kerabat Kinjiro di kepolisian menjelaskan kemungkinan mengapa orang yang HP-nya hancur bisa menghilang: ketika HP hancur memunculkan sebuah medan magnet yang membuat dimensi lain dengan dunia mereka terhubung. Jadi orang yang HP-nya hancur (pemilik Mirai Nikki) terpindahkan ke sebuah dimensi lain.
  • Haruna pingin memenangkan permainan ini supaya bisa menjadi ‘Tuhan’ dan menciptakan masa depan sesuai keinginannya. Karena itu dia menyembunyikan identitasnya sebagai pemilik Mirai Nikki. Ialah yang menjebak Arata dan Megumi, juga membuat Yuno menyangka Arata berselingkuh.
Episode 7 “ANOTHER:WORLD”

  • Haruna gak punya kakak bernama Rui.
  • Orang-orang yang punya Mirai Nikki merupakan korban dalam kebakaran karena terjebak di sebuah ruangan di planetarium.
  • Hidup Arata dan pemilik Mirai Nikki lainnya ga real. Mereka sebenarnya lagi ada di dunia virtual bernama Olympia yang dibuat untuk orang-orang koma. Rasanya kayak main VRMMORPG (Virtual Reality Massive Multiplayer Online Role-Playing Game), tapi main pake wujud sendiri. Dengan kata lain, kerabatnya Arata kayak ayah dan ibunya ga nyata, melainkan hanya program.
  • Namun seorang NPC (non-playable character, kalau di RPG kita ga bisa make mereka untuk bermain dalam party) bernama Deus menjadi di luar kendali bahkan oleh para admin sekalipun. Tidak hanya berhasil menguasai Olympia, Deus juga menjadi ancaman bagi dunia nyata karena berhasil menembus dan menguasai seluruh sistem komputerisasi di dunia nyata, sehingga menyebabkan terhentinya segala aspek yang dibutuhan manusia untuk hidup.
  • Rui Moriguchi ga eksis dunia nyata, dan disinyalir sebagai Deus.
"Aku benar-benar bersyukur jadi anak Ayah."
Episode 8 “RE: START”

  • Penculik Haruna naro HP Chronus Seed di kantung celananya, kata Haruna penculiknya adalah perempuan.
  • Seorang perempuan yang mengakui dirinya bernama “Jinguuji”. Ia memberikan proposal yang menurut Tohru Kibe menarik. Isi proposal tersebut adalah menambahkan aplikasi bernama “Mirai Nikki” di HP tersebut.
  • HP Kibe hilang. Sebagai gantinya ia menemukan bola bekel milik Yuno.
  • Seorang wanita memberikan sebuah kotak kecil berisikan HP Chronus Seed pas Haruna ketiduran.
  • Kemungkinan besar Deus adalah seorang perempuan.
Episode 9 “Meeting Again”

  • “Sesuatu” yang disembunyikan Yuno di rumahnya adalah Yuno dari dunia Olympia. Yuno misterius yang bertemu Arata adalah Yuno dari dunia nyata, dan merupakan pacar Arata.
  • Yuno juga korban yang terjebak dalam peristiwa kebakaran. Sebelum pertolongan datang, ia tidak sadarkan diri. Ia sempat masuk ke dalam dunia virtual Olympia namun sadarkan diri dan logout dari dunia tersebut, namun ‘account’ dirinya di dunia Olympia belum, menyebabkan muncul Yuno dunia Olympia.
  • Ia meminta Sudou, wanita yang bekerja dengan Kurou untuk masuk ke dalam dunia Olympia. Kurou memberinya 3 kondisi, yaitu tidak memberitahukan Arata tentang dirinya (sebagai pacar Arata), menyingkirkan Yuno dunia virtual dan tidak memberitahukan orang lain tentang keberadaan dirinya yang lain, dan siap jika ia tidak dapat kembali ke dunia nyata.
  • Ketika di episode 6 Rui membuka pintu ruangan tersebut, Yuno dari dunia Olympia keluar dan membunuh Yuno asli, menyebabkannya mati dan keluar dari dunia Olympia. Ia sadar di saat yang bersamaan setelah Kurou meminta Arata untuk mencari Deus. Ia lalu kembali masuk ke Olympia dan kehilangan bola bekelnya, kembali menyingkirkan Yuno dunia Olympia.
  • Jadi yang menusuk Arata di episode 6 adalah Yuno dari dunia Olympia.
Episode 10 “The Choice and Decision”

  • Haruna memperlihatkan HP Chronus Seed yang diberikan seorang wanita ketika Haruna sempat tertidur di perpustakaan kepada Rui. Sekarang Pemilik Mirai Nikki tersebut adalah Rui.
  • Dari ketujuh orang yang masuk Olympia, Jinguuji aka Deus mencari siapa orang dengan otak istimewa, yang mempunyai keinginan hidup yang kuat, dan jatuh kepada Arata.
  • Deus ingin membuat dunia Olympia yang tidak sempurna, menjadi sempurna dengan mencari ‘potongan terakhir’. Menurutnya, Arata adalah orang yang tepat. Ia meminta kepada Arata untuk memilih balon, melambangkan kehidupan mana yang mau dipilihnya: merah untuk dunia yang indah di Olympia, atau biru untuk dunia nyata dimana Arata tidak bisa bangun.
  • Kode yang diberikan Kurou kepada Arata sebenarnya adalah untuk mematikan dunia Olympia sehingga otomatis, Arata dan semua yang ada di dalamnya ikut lenyap.
Episode 11 “The Complete Future”

  • Rui adalah program ciptaan Deus.
  • Status DEAD END sebenarnya tidak akan mengakibatkan apapun apabila hitungan mundurnya habis.
  • Arata memutuskan untuk menjadi ‘potongan terakhir’. Deus lalu memberinya HP Mirai Nikki baru berwarna merah dan menghapus Chronus Seed yang lain.
  • Aplikasi Mirai Nikki miliknya kini bisa membuat apa yang diketik Arata di dalamnya menjadi kenyataan.
  • Ia menuliskan “keadaan di Tokyo kembali aman dan kami bertujuh bisa kembali ke dunia nyata”.
  • Namun hanya 5 orang yang kembali. Arata dan Yuno tidak bisa karena tubuh mereka sedang kritis. Kurou memberikan jalan keluar lain namun untuk satu orang memerlukan sebuah HP Chronus Seed Mirai Nikki sedangkan yang dipegang Arata adalah satu-satunya Mirai Nikki.
  • Arata memutuskan untuk memberikan HP tersebut ke Yuno.
  • Yuno dan 5 orang lainnya bangun dalam keadaan tidak ada ingatan soal Olympia. Dalam kasus Yuno, ia juga tidak mengingat Arata.
  • Arata dipindahkan ke rumah sakit biasa sebagai pasien koma.
  • Rui ada di dunia nyata?

7 comments:

  1. si Yuno-nya masih suka mendesah gak? XD ah ga seru nama Yuki diganti Arata, kalo dipanggil sama Yuno kan jadi biasa aja, seruan dipanggil Yukkiiii...
    Itu spoiler banyak amat ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gada keknya ._.

      emang didesain (?) khusus buat yg males nonton XD

      Delete
  2. Ini kenapa kasih spoiler oy? #BakarUti
    Btw, kebanyakan sifat chara-nya mirip yang di anime-nya yah --"

    ---- DEAD END FOR UTI ----

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kuat pingin nulis semuanya sih D:

      namanya juga dibikin mirip2...

      WHY D:

      Delete
  3. ahhh aktor dan arti yg menawan....

    ReplyDelete

Komentarnya boleh apa aja deh asal gak berbau porno, SARA, dan menggunakan bahasa yang gak patut dikeluarkan seperti binatang-binatang itu atau yah itu lah.

Makasih X3