July 10, 2016

5 Game Jaman Baheula Yang Mungkin Kamu Juga Pernah Main


Picture Sauce
Gara-gara banyak hotel dan apartemen di Bandung, aku jadi suka random kepikiran sama salah satu game bertema dengan hal begituan yang pernah aku mainin waktu jaman SD (juga waktu SMP) dan akhirnya meleber ke game-game lain yang bikin aku jadi nostalgia~


1. Sim Tower - The Vertical Empire

Picture Sauce
Sim Tower merupakan game buatan Maxis pada keluaran tahun 1995 yang bentuk mapnya 2D, background langit (dengan warna yang berubah seiring waktu siang, sore, dan malam), dan bentuk ruangan yang frontal ngadep ke player. Disini kita ngebangun satu bangunan random yang salah satu isinya adalah kantor, hotel dan apartemen. Hal yang paling aku inget dari game-nya adalah jalur lift yang biasanya cuman 1-2 buah, diletakkan di kiri dan kanan bangunan, tapi si liftnya sendiri ada banyak jadi liftnya saling menimpa bolak balik atas bawah.

Aku juga inget ini game hamsyong banget pas pertama kali dimainin. Karna kalau kita gak ngerti penempatan yang bener (karna penempatan kaya ruangan sampah (wat) ngaruh ke comfort-nya pemakai hotel dan apartemen), kita bisa gampang bangkrut dan akhirnya harus new game lagi.

Aku belum mainin lagi sih ini game. Pas nyari-nyari katanya harus pake DOS box (simulator DOS) tapi seingetku dulu main di komputer damai-damai aja _(:3

Picture Sauce

2. Theme Hospital

Game kacau (dalam artian baik) keluaran tahun 1997 yang kayak namanya, bertemakan rumah sakit. Disini kita sebagai orang yang memanage segala hal yang terjadi di rumah sakit. Bentuk mapnya kayak The Sims series, kita bisa naro barang-barang kedokteran sesuai dengan di tempat yang seharusnya, kursi-kursi tunggu dilengkapi vending machine di lorongnya. Kita juga bisa mempekerjakan para pekerja kesehatan kaya dokter dan suster yang mana mereka harus dibuat tetap sejahtera (yang salah satunya dalam bentuk kenaikan gaji) supaya ga terjadi malpraktik.

Game ini bisa didownload secara gratis (dan legal!) lewat Origin, tapi harus punya akun dan aplikasi Origin dulu. BTW ini game juga butuh simulator DOS tapi udah disertain sama gamenya kalau download dari Origin.


3. Stronghold: Crusaders

Picture Sauce
Ugh aku gak pernah main Clash of Clans, tapi kayaknya masih mirip-mirip sama game ini. Stronghold: Crusaders dikeluarkan tahun 2002 dan gak tau apanya Stronghold. Disini kita membangun pasukan, membuat pertahanan, dan ketika saatnya tiba kita bakal punya saat dimana kita akan bertahan ketika diserang kerajaan lain atau nge-yolo nyerang ke kerajaan lain terlebih dahulu. Tingkat kesejahteraan kerajaan yang kita manage tergantung dari bahagia atau tidaknya si om-om yang megang buku di bagian kanan bawah (dan angka yang dipegang itu stat penduduk dan bahan pangan di kerajaannya).

Stronghold: Crusaders bisa didownload dengan membayar sekitar IDR 100k atau beli yang fisik tapi mahal, 3 ratus. :v

4. Harvest Moon: Back To Nature

Picture Sauce
Game yang mustahil kalo gak pernah mainin. Gak pernah mainin = no happy childhood. Harvest Moon adalah game dimana kamu memanage lahan untuk dijadikan sawah juga mengembang biakan hewan ternak. Harvest Moon ini juga termaksud dating sim, dan termaksud ke dalam kategori galge.  Kebanyakan dari kita yang mainin pasti pernah pake Gameshark buat ginian karena jujur saja ngumpulin kayu itu menyebalkan...

Aku pribadi paling suka sama Popuri karena... pink hair that's why udah gitu doang. Salah satu bagian menarik dari game ini adalah kita melewati 4 taun (CMIIW) yang masing-masing terdiri atas 4 musim: semi, panas, gugur, dan salju. Di akhir taun ke-4, pas malam taun baru, siapapun yang jadi istri kita bakal nonton kembang api sama kita di bukit (ada anaknya tapi lupa dikemanain), menatap langit yang indah dan tamat.

Aku juga pernah main yang versi buat cewek - kebalikan dari Back To Nature - is intended to played by girls and have male characters as capturable partner. Tapi hingga Jokowi dah mau turun jabatan, versi cewek ini stay in Japanese dan tidak ada yg mentranslate ke Bahasa Inggris. Sehingga game ini gak pernah tamat wkowkwokw.

5. Metal Slug

Picture Sauce

Yang terakhir adalah game third-person shooter yang kalo kata Wiki sih "run and gun" - lari dan pew pew. Seperti kata Wiki, game ini adalah game klasik dimana kita menembak musuh sambil lari-larian dari serangan musuh dalam tampilan 2D dan sidescroll. Selain nembak pake senjata sendiri, kita juga bisa pake tank (yang mana kalau kamu make, kamu berasa invicible). Dulu aku sering banget sih mainin ini sama temen-temen dan kakak-kakakku wwww. (Salah satu) hal yang bikin kesemsem dari game ini adalah perbedaan in-game art-nya dengan desain karakter Fio (salah satu playable characternya):


Sebenernya banyak sih game-game yang sepertinya kamu dan aku sama-sama memainkannya di atap yang berbeda kayak The Sims (yang pertama banget wkwkwk) dan CTR anyone? Also Bishi Bashi!! Ah tapi udah ah cape. Dadah~


No comments:

Post a Comment

Komentarnya boleh apa aja deh asal gak berbau porno, SARA, dan menggunakan bahasa yang gak patut dikeluarkan seperti binatang-binatang itu atau yah itu lah.

Makasih X3