September 9, 2013

5 Manga Survival yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Pada satu detik dimana aku lagi ngerjain tugas, aku kepikiran tentang satu manga yang cukup unik. Dan setelah diingat-ingat lagi ternyata ada beberapa manga dengan tema yang sama, yakni survival entah itu pada masa pasca apocalypse, hidup di tengah manusia haus darah, atau karena game. Yang membedakan mereka adalah, penipuan berkedok gambar lucu, meskipun ada juga yang enggak. Ya, pokoknya pas aku baca dan masuk ke plotnya yang gak seperti gambarnya adalah: WATDE? BACA TEROS.

Ah, mungkin ada yang udah tau juga sih ( ._.).


Gakkou Gurashi!

Bercerita tentang 3 orang gadis SMA yang tinggal di sekolah di bawah nama klub 'Kehidupan Sekolah' bersama guru advisor mereka. Sekilas seperti cerita tentang gadis-gadis biasa yang lucu. Mereka menjalani hari-hari biasa sampai pada akhirnya kita tahu bahwa 'kehidupan' yang mereka jalani berada di tengah-tengah para zombie yang tengah berkeliaran.

Main heroinenya, Yuki, mengalami 'pemberhentian-waktu', menyebabkan ia tidak menganggap keberadaan zombie dan tetap menjalani kehidupan seperti biasa di sekolah. Ia dilindungi oleh kedua temannya yang mengarang beberapa cerita seperti Yuki harus hati-hati di malam hari karena suka ada preman sekolah dan kenyataan bahwa guru advisor mereka yang mati dimakan zombie, masih eksis di dalam halusinasi Yuki.

Tapi apakah kedua temannya harus terus berbohong kepada Yuki? Dan apakah Yuki benar-benar mengalami pemberhentian waktu atau... ?

Apocalypse no Toride

Protagonisnya, Yoshiaki, ditangkep dan dimasukin ke penjara karena dituduh telah membunuh. Disana, dia satu sel sama 3 orang lainnya yang nantinya bersama-sama bertahan hidup di tengah para zombie setelah outbreak. Keseluruhan ceritanya tentang mereka dan para penghuni sel sih. Nantinya mereka berempat pergi ke rumah Yoshiaki buat ngecek keluarganya (udah pasti nihil) dan ketemu kenyataan tentang... para zombie bisa saling berkumpul jadi gunung! Ada lagi, terus ada yang mimpin! Gak berkelamin! Pupil matanya tiga!

BTW, di serial ini kaga ada cewenya. Baru ada sekarang-sekarang.

Mahou Shoujo of The End

Mungkin manga ini juga mengajarkan bahwa kita sebaiknya tidak 'sompral'. Keinginan protagonis utamanya, Kii, yakni ingin sesuatu yang luar biasa terjadi, seperti didengarkan oleh semesta. Secara tidak sengaja melihat kepala guru olahraganya dihancurkan oleh tongkat milik gadis kecil lucu dan kemudian menemukan teman-teman sekelasnya dibunuh sadis, menyisakan dirinya dan seorang gadis yang merupakan teman masa kecilnya.

Gadis kecil ini ternyata gak hanya sendiri. Secara misterius muncul 'gadis kecil' lainnya dari langit, membunuh dengan cara yang sama, sambil menyebutkan kata "magical". Nantinya ketemu polisi mesum dan beberapa orang di mall, ketemu orang yang suka ngebully temen masa kecilnya, dan bahkan secara misterius kembali ke masa lalu dan (secara tidak sengaja) menguak beberapa pecahan di balik kasus para mahou shoujo ini.

Akame ga Kill!

Umm ini survival bukan yak '-' soalnya tentang membunuh atau dibunuh juga sih '-'

Ceritanya tentang Tatsumi (cowok), datang ke ibu kota demi memperbaiki kesejahteraan desanya, bersama 2 orang sahabatnya yang terpisah darinya sejak beberapa waktu yang lalu. Disana, dia justru mempelajari fakta-fakta tentang kota tersebut dan bahkan nasib kedua sahabatnya. Tatsumi lalu diajak bergabung oleh sekumpulan rebel bernama "Night Raid" yang memiliki visi memberantas kekejian yang dilakukan government.

Jangan sampai punya tokoh favorit di manga ini. Kalau mati bisa sakit hati. Karakter di serial ini datang dan pergi, bahkan salah satu (yang awalnya) tokoh utama bisa mati, matinya juga ga standar. Musuh utama Night Raid nantinya adalah Jaegers, dipimpin oleh wanita super sadis dan main antagonist, Esdeath, namun punya tujuan yang sama: memberantas ketidakadilan namun berpihak pada government.

BTW, Akame ga Kill! dapet adaptasi anime, loh. Studio yang bikin sama kek Steins;Gate.

Darwin's Game

Suatu hari, Kaname (cowok) diinvite oleh sahabatnya ke dalam sebuah game mobile bersama "Darwin's Game". Rasa penasarannya membuatnya secara tiba-tiba dikejar oleh seorang pria berkostum Banda-kun, karakter maskot tim baseball lokal di kotanya. Ia membawa pisau dan bisa menghilang, ingin membunuh Kaname. Ia lalu 'diselamatkan' oleh pemain lainnya melalui fitur chat, Shuka.

Umm apa yah. Scanlationnya baru sampai chapter 4 jadi belum ada yang bisa dibeberin sih '-' kemampuan (atau di Darwin's Game disebut Sigil) Kaname belum diungkapin sih tapi ada hint-nya di chapter pertama.

Donyatsu

Umm you can just consider this one as a bonus '-' they're not even in effort to surviving '-'.

Bercerita tentang hewan setengah snack di tengah pasca apocalypse. Iya. Snack. Ada yang donat, bagel, dan makanan-makanan lain yang sangat menggiurkan. BTW ada short animenya. Nontonnya cuma bikin laper '-'.

..


Baiklah jadi itu 5 + 1 manga tentang survival yang lagi aku ikutin. Mungkin kalo nemu yang baru bakal dimasukin lagi (ke post baru). Ada juga sih yang judulnya Area D tapi itu ga aku ikutin lagi karena... masalahnya banyak menjalar, gak diselesain satu-satu. Walaupun aku suka artnya. Sama Dolls Fall, tapi itu belum jelas tentang apa.

... Gak perlu masukin Shingeki no Kyojin kan?

Sambal and sauce:

  • https://www.dropbox.com/sh/f7ous1cufsmm70r/CLMdeiHd08 
  • http://vendettascans.com/ 
  • http://mangabandits.net/whats-new/ 
  • http://lolcopypaste.livejournal.com/
  • http://roankun.wordpress.com/
  • http://psylockescans.wordpress.com/
  • http://kymg.deviantart.com/

15 comments:

  1. Ceritanya serem2 ya?. Aku ga suka yang alurnya gitu hehe #curhat
    Lebih suka yang kaya kehidupan nyata kaya Detektif Conan, ya walaupun kadang ga masuk akal.

    Salam kenal :D

    ReplyDelete
  2. danganronpa masuk survival gak ya? anime sik, tapi ada manga sama game sama LN nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya game sih itu, dan ga baca manganya heuheuheu

      Delete
  3. interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings

    ReplyDelete
  4. Bocah cabul mau di-upgrade jadi 'bocah cabul psycho'? #eh
    #runforyourlife

    ReplyDelete
  5. Apocalypse no Toride boleh juga, gak ada heroinenya dan gambar karakternya engga berunsur moe-moe yang lagi trend. masih ongoing ya? nunggu tamat dulu, soalnya baca manga pake domdomsoft :"

    ReplyDelete
  6. gue bener bener miskin pengetahuan soal manga. thanks infonya :)

    ReplyDelete
  7. thanks banget nih infonyaa, semuanya ga gw ketahuin secara umum, -.-

    ReplyDelete
  8. Suka sih sama yg berbau zombie apocalypse. Tapi kalau manga mah masih setia sama si shonen yg udah beratus2 chapter.

    ReplyDelete
  9. paling suka Zombie Apocalypse theme... hehehhe.. manga ato anime jepang lebih halus dan artistik gambarnya tapi kalo cerita lebih bagus komik amerika...

    Main Angka Dapat Duit yuukkk

    ReplyDelete
  10. Ada yang tau nggak judul komik ini?? Ada komik tentang game, yang tiba-tiba handphone nya ada aplikasi game gitu tapi sebelum mulai game nya dia harus milih salah satu bagian tubuh nya sebagai jaminan dalam game kalo dia kalah bagian tubuhnya bakalan mati atau rusak sedangkan menang akan mendapatkan hadiah, kekuatan dan uang... Di komik ini pemeran nya wanita... Ada yang tau nggak judul komiknya??

    ReplyDelete

Komentarnya boleh apa aja deh asal gak berbau porno, SARA, dan menggunakan bahasa yang gak patut dikeluarkan seperti binatang-binatang itu atau yah itu lah.

Makasih X3