February 7, 2014

[Review] HAL


Gara-gara disuruh temen jadi nonton movie ini. Character design-nya sendiri dibuat sama Sakisaka Io (Ao Haru Ride), salah satu mangaka yang aku suka. Premise-nya sendiri adalah tentang di masa depan, seorang gadis bernama Kurumi kehilangan pacarnya dalam kecelakaan pesawat terbang dan menyebabkan dirinya berhenti 'hidup'. Karena itulah sang kakek memutuskan untuk mengutus robotnya, Q01, untuk menjadi seorang Haru, pacar Kurumi yang meninggal sebagai terapi untuk membuat Kurumi kembali 'hidup'.

Q01

Selama itu, Haru mencoba buat mengenal dunia Kurumi, melalui rubik-rubik 5x5 berisi keinginan-keinginan Kurumi yang kebanyakan isinya menyangkut Haru jika disusun berdasarkan warna, 'Haru' juga mulai mengenal seorang Haru, bagaimana sebenarnya hubungannya dengan Kurumi, dan apa yang sebenarnya terjadi pada Haru.

Kalau kamu suka shoujo-ish dan cerita yang dramatis, movie ini recommended. Animasinya stabil dan BGM-nya juga indah. Karna gaya gambar Sakisaka Io cukup ribet kalo dibikin animasi, jadi aku agak ragu, tapi ternyata bagus! Animasinya dibuat oleh Production I.G. dan Studio WIT yang juga ngebuat Shingeki no Kyojin anime, jadi kamu gakkan kecewa dengan scenery-scenery-nya.
Haru

Sayang sekali durasinya cuman 1 jam-an - lebih pendek dari Gintama Movie 2 tanpa durasi panjang ala Gintama sama movie pirate di awal film-nya. Dan tiba-tiba saja... plot twist! Bangkek!

Durasinya yang pendek, digabungin sama pace-nya yang slow tapi gak ngebosenin, bikin pas kita liat durasi film yang biasanya suka ada di video player bikin kita "HAH UDAH MAU ABIS AJA" - or something like that lol. Yep, pendek banget. Sampai screentime-nya Kurumi kayaknya dikalahin sama professor yang ngebantuin Haru, dan eksekusi ceritanya yang terkesan dilangsungin dan jadinya ya gitu, pendek.
Kurumi

Bagian yang aku suka adalah di sesi conversation antara Haru dan professor tentang Haru yang ragu kalau dia bisa 100% memahami perasaannya Kurumi. Kata professor itu adalah hal yang mustahil, bahkan untuk sesama manusia sekalipun. Yang perlu kita lakukan hanyalah menjaga mereka dan menurut mahkluk bernama manusia, itu udah lebih dari cukup.

7 comments:

  1. Ini anime the series atau the movie? .__.
    punya link downloadnya ndak? aku tertarik buat nonton xD

    ReplyDelete
  2. duh, ngerasa kudet jadinya kalo ada orang yang suka bikin review anime-anime menarik gini yang belom sama sekali gue tau dan jamah .__. nice kak put :P

    ReplyDelete
  3. wah gue udah nonton nih, sebenernya seru banget dimana kisah kelam yang ada menjadi keseluruhan cerita, ending yang gak terduga menjadi salah satu alasan film ini jadi favorit buat gue, tapi sayang penyelesaiannya gak sekompleks bagaimana film ini dirajut yo..

    ReplyDelete
  4. Jarang banget kalo nonton-nonton anime tapi yang movie. Keseringan sih anime series kak. Btw bagi situs-situs tentang info anime-anime gitu dong kak.

    ReplyDelete
  5. Jarang banget kalo nonton-nonton anime tapi yang movie. Keseringan sih anime series kak. Btw bagi situs-situs tentang info anime-anime gitu dong kak.

    ReplyDelete
  6. ini tulisan anak smp???? ngerasa kayak ditulis pro deh... salut buat kamu...

    Main Angka Dapat Duit yuukkk

    ReplyDelete

Komentarnya boleh apa aja deh asal gak berbau porno, SARA, dan menggunakan bahasa yang gak patut dikeluarkan seperti binatang-binatang itu atau yah itu lah.

Makasih X3