May 30, 2012

Sometimes, The "Lebih Cepat Lebih Baik" Quote is Right

picture is not related. who's care?
Ada satu perbincangan sama keluarga yang bikin gue inget sama salah satu sepupuku. Kalo aku inget-inget lagi, aku ga pernah mencoba deket sama kerabat, kecuali untuk main game (aku pernah maksa salah satu saudara dan abang-abang gue buat main karambol ._.). Nah sepupuku yang satu ini, adalah satu-satunya sepupu yang usianya jauuh lebih tua dari gue tapi bisa bikin gue attached sekali sama dia.

Waktu akue kelas 3 SD, dia yang kuliah di Bandung menetap di rumahku (dulu Cimahi masih Bandung) dan tidur sekamar sama aku, di kasur yang diletakkan bersebrangan dengan kasurku. Kamarku waktu itu lebih besar daripada yang sekarang karena faktor tubuh yang terus tumbuh tingginya. Usia dia kalau aku ga salah inget adalah 18 tahun.

Aku apa-apanya diurus dia. PR dia yang ngajarin, buku-buku pelajaran buat besok dia yang beresin, makan gue disuapin. Uh emak, aku udah hampir lupa gue waktu itu. Joking.

Ada satu buku diari bergambar Mickey Mouse, salah satu oleh-oleh dari ayahku dari Jerman. Tebal dan ada gemboknya. Bagus sekali. Sekarang ga tau kemana. Dia sering nulisin aku hal-hal yang aku udah lupa pake pulpen bertinta emas yang juga dikasih ayah. Kalau ngebandingin tulisanku sama tulisan dia, wow. Tulisanku bagaikan cakar ayam habis di potong-potong.

Oh, namanya Heni. Karena dia punya adek namanya Lena, kupanggil dia Terheni, biar kalau manggil Lena jadinya Terlena. Dia juga punya adek bungsu cowok waktu itu dia masih SMP-ku lupa namanya. Nah, dia ini rival temen main CTR aku selama liburan.

Suatu hari dia pulang ke Bangka, kalau ga salah karena kakak sulungnya, Fitri (aku ga pernah ketemu dia), nikah, makanya pulang. Aku sendiri ga ikut ke Bangka karena emang lagi sekolah. Aku ga ngucapin ucapan perpisahan, aku juga ga tau kenapa. Antara aku terlalu males atau aku terlalu sedih. Aku waktu kecil unpredictable sekali soalnya. Dan aku, melakukan segalanya sendiri sejak itu (sedih).

Beberapa bulan setelah dia pulang ke Bangka, kabarnya dia sakit dan dikirim ke rumah sakit di Jakarta. Karena urusan sekolah (dan mainnya), aku ga bisa langsung ngejenguk dia, jadi baru ayah. Pas liburan barulah aku mau diajak ke Jakarta buat ngejenguk. Sebelum liburanku tiba, ayah tiba-tiba ngebatalin janjinya buat ngajak aku ke Jakarta.

Sesaat sebelum itu, ayahku dikabarin kalau Terheni udah meninggal. Beliau meninggal karena paru-paru basah.

Disitu aku ga ngerasa apapun. Aku juga bingung kenapa gue ga mikirin apapun. Baru setelah lulus SMP, aku sempet keinget dia. Aku mikir lagi,

"Kok ga cepet-cepet aja ke Jakarta?"

Dan sesaat setelah obrolan bareng keluarga itu, aku kepikiran lagi.

Maksudku, kenapa aku gada pas dia lagi berjuang?

4 comments:

Komentarnya boleh apa aja deh asal gak berbau porno, SARA, dan menggunakan bahasa yang gak patut dikeluarkan seperti binatang-binatang itu atau yah itu lah.

Makasih X3