June 28, 2011

Jalan Komik

Hai... gue niatnya tadi berkelana sendirian di Bandung sekalian nyerahin tugas Akuntansi gue (emang aneh kalo udah bagi rapot masih harus nyerahin tugas... wait, itu gurunya yang aneh). Gue juga sekalian fotobox sendiri (SENDIRIAN aja) dan nyari buku Poconggg Juga Pocong di Gramedia. Tapi gue malah pulang dengan membawa 2 buah komik dan snack ringan juga sekaleng Coca Cola.

Tapi gue bukannya mau nyeritain itu. Gue mau nyeritain tentang salah satu komik yang gue beli. Itu bukan manga, itu KOMIK. Ya jadi buatan orang Indonesia. Judulnya udah tau, kan, JALAN KOMIK.

Nggak, Jalan Komik itu bukan nama jalan. Jalan Komik merupakan komik buatan Bayu Harditama dan digambar oleh Fajareka Setiawan.

Ceritanya tentang seorang anak SMA kelas 2 bernama Bayu (nama pengarangnya :o) yang sangat ingin menerbitkan komik di Koloni (bagian dari M&C! yang nerbitin komik buatan anak Indonesia) namun udah 3 kali berturut-turut karyanya ditolak karena gambarnya yang belum memenuhi kriteria. Sementara itu sejak kecil ia mengidap penyakit Leukemia sehingga waktu gak segan menunggu dia.

Semesta menakdirkannya untuk merealisasikan 'cerita' buatannya ketika Bayu bertemu dengan Fajar (nama yang gambar :o), cowok yang reputasinya udah jelek gara-gara sering berkelahi, namun gambarnya dewa (bagus banget maksudnya) sehingga Bayu memutuskan untuk mengajak Fajar bekerja sama dengannya membuat komik. Tapi gak semudah itu mengajak Fajar apalagi ini menyangkut masa lalu Fajar.

Secara keseluruhan gambarnya bergaya semi realistis  goresannya keren banget backgroundnya itu loh kampret detail. Tema utama komik ini bukan gimana suka duka pembuatan komik namun lebih ke arah jalinan persahabatan antara Bayu, Fajar, dan Amel. Muka-muka konyolnya bikin bacanya juga sambil senyum. Pas bagian akhir komiknya gue sempet sedih (lebay deh) narasi tiap kolomnya bener-bener menyentuh.

2 comments:

  1. bolehkah saya meminkamnya??bolehkah saya meminkamnya??

    ReplyDelete
  2. boleh boleh asal pjp jatuh ke tangan saya :p

    ReplyDelete

Komentarnya boleh apa aja deh asal gak berbau porno, SARA, dan menggunakan bahasa yang gak patut dikeluarkan seperti binatang-binatang itu atau yah itu lah.

Makasih X3